MODUL 10 : GETTING AN ID CARD
  Langkah 1 
    Dengarkan Audio dibawah ini sebanyak 3 kali. Lakukan kegiatan ini
      walaupun Anda tidak bisa memahami sepenuhnya. 
  
  
    
      Getting an ID Card
    
      
      
    
    
      
    
    
      
            
              
            
        
              
                
                  
                    
            
            
              
                
                  
                    
      Langkah 2 
    
    
              Pelajari Teks dari Audio tersebut. Pastikan Anda benar-benar
                memahami isi audio tersebut. astikan pula Anda memahami arti setiap kata dan kalimat, tanpa ada yang terlewatkan. 
            | 
                          SCRIPT/TEKS | 
| 
 Admin worker: International Student ID card? Student: Yes, that’s right. Admin worker: Have you got the form? Student: Yes, here it is. Admin worker: OK, let’s see. Name – Ahmed, surname – Saeed, age 14, address ... (pause) ... oh, what’s your address? Student: 14 Spring Avenue … Admin worker: 14 Spring Avenue ... Student: Leicester. Admin worker: Can you spell that, please? Student: L-E-I-C-E-S-T-E-R. Admin worker: What’s your postcode? Student: LE 14 2GZ. Admin worker: LE 14 2GS. Student: No, 2GZ. Admin worker: OK, 2GZ. And what’s your nationality? Student: I’m British. Admin worker: What’s your school? Student: Newtown Secondary School. N-E-W-T-O-W-N. Admin worker: And what’s your date of birth? Student: The 2nd of June 1998. Admin worker: 02/06/1998 (the second of the sixth, 1998). Have you got a photo? Student: Yes, here you are. Admin worker: Thank you. One moment, please ... (pause) ... and here’s your card. Student: Thanks. Bye. | 
| 
                          DAFTAR KATA | |
| student ID card = kartu tanda pelajar | surname = nama belakangone moment = tunggu sebentar date of birth = tanggal lahir nationality = kebangsaan here it is = ini dia | 
| TRANSLATE/TERJEMAHAN | 
| Pekerja admin: Kartu ID Pelajar Internasional? Siswa : Ya, benar. Pekerja Admin: Apakah Anda sudah mendapatkan formulirnya? Siswa : Ya, ini dia. Pekerja Admin: Oke, mari kita lihat. Nama – Ahmed, nama keluarga – Saeed, umur 14, alamat ... (jeda) ... oh, di mana alamatmu? Siswa: 14 Spring Avenue … Pekerja admin: 14 Spring Avenue ... Siswa: Leicester. Pekerja Admin: Bisakah Anda mengejanya? Siswa: L-E-I-C-E-S-T-E-R. Pekerja admin: Apa kode pos Anda? Siswa: LE 14 2GZ. Pekerja admin: LE 14 2GS. Siswa: Tidak, 2GZ. Pekerja admin: Oke, 2GZ. Dan apa kewarganegaraan Anda? Siswa: Saya orang Inggris. Pekerja admin: Di mana sekolahmu? Siswa: Sekolah Menengah Newtown. N-E-W-T-O-W-N. Pekerja admin: Dan tanggal lahirmu berapa? Siswa: 2 Juni 1998. Pekerja Admin : 02/06/1998 (tanggal kedua bulan keenam, 1998). Apakah kamu punya foto? Siswa: Ya, ini dia. Pekerja Admin: Terima kasih. Tunggu sebentar... (jeda)... dan ini kartu Anda. Siswa: Terima kasih. Selamat tinggal. | 
      Langkah 3 
    
    
              Dengarkan Audionya dan baca teksnya secara bersamaan. Lakukan
                  beberapa kali sampai Anda benar-benar percaya diri.
            
            
                Langkah 4 
              
              
                  Dengarkan audionya tanpa melihat teks. Lakukan kegiatan ini minimal 20 kali.
                      Jika ada yang lupa, lihat kembali teksnya. Gunakan lembar Listening Check
                      List untuk menandai aktivitas Anda. 
                
                
                    Langkah 5 
                  
                  
                      Ceritakan kembali isi audio tersebut dengan
                          menggunakan kata-kata dan kalimat Anda sendiri.
                          Rekamlah suara Anda dan dengarkan berkali-kali sambil
                          menganalisa kebenaran grammar dan pengucapannya.
                    
                    
                                Langkah 6
                              
                              
                                Mendengarkan sambil menulis (writing -
                                dictation). Langkah ini sangat penting untuk
                                melatih ketajaman pendengaran dan ketelitian
                                menulis Bahasa Inggris.
                              
                              
                      Lakukan langkah ini secara disiplin. Jangan terburu-buru pindah ke level berikutnya sebelum Anda benar-benar
                          menguasai Modul ini. 
                    
                    
                    
                    



